Minggu, 20 Mei 2012

Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda #D.Cassidy



Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda

Assallamualaikum Wr. wb.

Para Pemuda dan Hadirin yang berbahagia, Tujuh puluh sembilan tahun adalah suata masa dan perjalanan yang cukup panjang bagi suatu generasi bangsa ketika itu, 28 Oktober 1928 silam, pemuda Indonesia dan berbagai kalangan berkumpul di Jakarta, mengucapkan suatu tekad dalam ikrar yang dikenal dengan sumpah pemuda.

Hari ini, kita semua kembali memperingati hari bersejarah yaitu Hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia.Kementerian negara pemuda dan olahraga telah menetapkan tema peringatan hari sumpah pemuda ke-83 tahun ini adalah “Meningkatkan solidaritas, integritas, dan profesionalisme pemuda menuju bangsa yang sejahtera dan bermartabat”. Tema demikian mengandung makna bahwa pemuda Indonesia yang memiliki semangat solidaritas adalah pemuda yang mampu menumbuhkan empati sosial merasakan penderitaan orang lain dan memiliki kemampuan untuk berbagi rasa.

Untuk itu saya bersyukur, marilah kita memanjatkan doa kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa, agar kita semua, terutama generasi muda diberi kekuatan lahir dan bathin dalam meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara untuk mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Peserta Upacara yang Saya hormati, Setiap kita memperingati hari-hari yang bersejarah , kita perlu mengenang sejenak, betapa besar perjuangan para pendahulu , para pejuang bangsa dalamn menegakkan kemerdekaan yang telah dicapai pada masa pejuangan itu, dilakukan secara kompak terpadu antara masyarakat dengan semua kekuatan yang ada. Perjuangan mereka tidak mengenal waktu, perjuangan mereka tidak dapat dinilai, karena tanpa mempertimbangkan harta benda maupun keluarga. Mereka hanya ingin mencapai satu tujuan yaitu merdeka.

Sumpah Pemuda Tahun 1928 merupakan suatu keputusan yang lahir dari berbagai diskusi dan pembicaraan panjang para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang merupakan cikal bakal berdirinya Republik Indonesia. Oleh karena itu, pemuda sebagai calon pemimpin dan pelaku bangsa kedepan harus mampu memahami serta menghayati secara mendalam tentang makna sumpah pemuda. Pemuda harus menjadi ujung tombak dan pionir perjalanan bangsa ini, serta harus mampu pula mengemban amanat reformasi. Kita jangan sampai terjebak pada fase pertentangan dan diskusi yang sebetulnya tidak perlu yang hanya membuang energi dan tenaga saja.

Tantangan kedepan semakin berat dan komplek. Era perdagangan bebas dan investasi sudah berada dihadapan kita. Era globalisasi dan tekhnologi informasi itu menuntut adanya kualitas SDM bangsa yang handal utnuk memenangkan persaingan yang semakin tajam. Oleh karena itu, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan  kesatuan bangsa, moral bangsa, juga dituntut peningkatan SDM bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan.

Peringatan hari sumpah pemuda ke-79 ini, juga mengandung makna yang amat dalam dan strategis dalam upaya bangsa dan negara kita memperbaiki kualitas dan menunjukan identitas jatidirinya sebagai bangsa yang besar, berkualitas, berwibawa, dan bermartabat. Disisi lain pemuda juga dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menjembatani melaksanakan desentralisasi atau otonomi daerah. Dengan demikian diharapkan hasil pembangunan yang dirasakan belum merata ke seluruh pelosok daerah akan semakin cepat merata dan teratasi, sehingga akan melahirkan kembali kebangkitan dan keberhasilan pembangunan nasional menuju Indonesia baru yang maju, mandiri, demokrasi dan berkeadilan.

Peserta upacara yang saya hormati, Pemuda bangsa Indonesia sebagai pewaris nilai luhur budaya bangsa, penerus cita-cita luhur perjuangan budaya bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, sudah seharusnya berbenah diri dan menetapkan tekad serta mengoptimalkan peranannya dalam menggalang persatuan dan kesatuan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia/Pemuda Indonesia sebagai upaya nyata dapat mewujudkan pembangunan nasional secara berkesinambungan.

Bila kita menoleh kebelakang salah satu sendi utama dari pembangunan nasioanal kita adalah persatuan dan kesatuan bangsa. Didalam persatuan dan kesatuan bangsa dengan segala ke-Bhinneka-annya tersirat kekuatan untuk menghadapi tantangan yang memacu bangsa kita untuk bersanding dengan bangsa-bangsa lain. Dengan semangat persatuan dan kesatuan ini pula berkembang keutuhan dan kebersamaan Bangsa Indonesia.

Sejalan dengan ini, Saya mengajak melalui momentum peringatan sumpah pemuda ini kita jadikan sebagai pemicu semangat kita bersama untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa meningkatkan partisipasi dan dukungan terhadap pembangunan yang berpihak pada kepentingan pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Perhatian dan sikap perduli terhadap pertumbuhan dan perkebunan pemuda harus kita tingkatkan agar generasi bangsa kita semakin kuat, bukan generasi yang lemah, baik fisik maupun mentalnya. Dengan partisipasi semua pihak dan ditunjang dengan pandangan-pandangan pada pemuda yang visioner dan kedewesaannya dalam berpikir yang lebih mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Para Pemuda dan Hadirin yang saya hormati, Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan, semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan dan petujuk-Nya kepada Kita sekalian. Sekian dan Terima kasih, Wassallamualaikum wr. wb.




ANALISIS RETORIKA PIDATO SUMPAH PEMUDA

A.            Resume
Hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia. Tema peringatan hari sumpah pemuda ke-83 tahun ini adalah “Meningkatkan solidaritas, integritas, dan profesionalisme pemuda menuju bangsa yang sejahtera dan bermartabat”.

Sumpah Pemuda Tahun 1928 merupakan suatu keputusan yang lahir dari berbagai diskusi dan pembicaraan panjang para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang merupakan cikal bakal berdirinya Republik Indonesia. Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan  kesatuan bangsa, moral bangsa, juga dituntut peningkatan SDM bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan.

Momentum peringatan sumpah pemuda ini kita jadikan sebagai pemicu semangat kita bersama untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa meningkatkan partisipasi dan dukungan terhadap pembangunan yang berpihak pada kepentingan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

B.      Situasi Sosial

·   Objek    : pemuda-pemudi generasi bangsa.
·   Waktu   : 28 Oktober, Memperingati Sumpah Pemuda.
·   Tempat                : Di Lapangan Upacara.








C .   Analisis

Hukum Retorika
Keterangan
1.       Penemuan (Invention)

Tema
a.       Memperingati Sumpah Pemuda
b.      Sumpah Pemuda sebagai pemicu semangat generasi bangsa.
2.       Penyusunan (Disposition)
Sistematis
a.       Hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia.
b.      Tema peringatan hari sumpah pemuda ke-83 tahun ini adalah “Meningkatkan solidaritas, integritas, dan profesionalisme pemuda menuju bangsa yang sejahtera dan bermartabat”.
c.       Sumpah Pemuda Tahun 1928 merupakan suatu keputusan yang lahir dari berbagai diskusi dan pembicaraan panjang para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang merupakan cikal bakal berdirinya Republik Indonesia.
d.      Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan  kesatuan bangsa, moral bangsa, juga dituntut peningkatan SDM bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan.
e.      Momentum peringatan sumpah pemuda ini kita jadikan sebagai pemicu semangat kita bersama untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa meningkatkan partisipasi dan dukungan terhadap pembangunan yang berpihak pada kepentingan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.



3.       Gaya Penulisan
a.       Gaya-gaya penulisan yang tidak sesuai kaidah EYD
seperti:

§  Tujuh puluh sembilan tahun (salah), pemborosan kalimat, seharusnya adanya penghematan kata langsung menjadi angka yaitu 79 tahun (benar).

§  Tema demikian mengandung makna bahwa pemuda Indonesia yang memiliki semangat solidaritas(salah), sebenarnya sesudah kata pemuda dilanjutkan dengan kata pemudi yaitu menjadi “Pemuda-pemudi”, karena Sumpah Pemuda bukan hanya untuk Pemuda (Laki-laki) saja (benar).

§  Untuk itu saya bersyukur, marilah kita memanjatkan doa kehadirat Allah (salah), seharusnya Untuk itu marilah kita bersyukur dan memanjatkan do’a kehadirat Allah(benar).

§  peningkatan SDM bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan(salah), seharusnya ada pengertian arti dari SDM yaitu Sumber Daya Alam dan IPTEK yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (benar).

§  Perhatian dan sikap perduli terhadap pertumbuhan dan perkebunan (salah), seharusnya perduli lebih tepat ke kata “peduli” dan perkebunan dapat diganti menjadi “perkembangan” (benar).

4.       Memoria (Memori)
a.       Sumpah Pemuda Tahun 1928 merupakan suatu keputusan yang lahir dari berbagai diskusi dan pembicaraan panjang para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang merupakan cikal bakal berdirinya Republik Indonesia.
b.      Momentum peringatan sumpah pemuda ini kita jadikan sebagai pemicu semangat kita bersama untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa meningkatkan partisipasi dan dukungan terhadap pembangunan yang berpihak pada kepentingan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.
c.       Generasi muda  bisa menjadikan Sumpah Pemuda ini sebagai motivasi mereka untuk berkembang dan maju yang mampu bersifat kreatif dan inovatif dalam melaksanakan desentralisasi atau otonomi daerah.
d.      Pemuda bangsa Indonesia sebagai pewaris nilai luhur budaya bangsa sudah seharusnya berbenah diri dan menetapkan tekad serta mengoptimalkan peranannya dalam menggalang persatuan dan kesatuan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia/Pemuda Indonesia sebagai upaya nyata dapat mewujudkan pembangunan nasional secara berkesinambungan.

5.       Penyampaian
a.       Secara penulisan kata yang terdapat di dalam teks pidato itu cukup jelas karena disampaikan melalui kata-kata yang jelas sehingga memudahkan pembaca untuk memahami apa makna dari isi pidato yang disampaikan.
b.      Isi maksud di dalam pidato itu salah satunya adalah agar generasi muda lebih menghargai, berpartisipasi dan menjunjung tinggi Hari Sumpah Pemuda sebagai peranan dalam memajukan Indonesia ini, dalam hal positifnya juga berdampak pada diri kita sendiri dan selaku penerus bangsa marilah sama-sama membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi, karena dengan demikian  kitapun akan ikut berlari menyongsong masa depan gemilang dan cemerlang.
c.       Dalam penyampaian pidato yang ada di dalam teks pidato itu adalah untuk menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar itu selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia.



D.   Analisis Menurut Logos, Patos dan Etos
1.    Logos      : isi yang menyangkut pengumpulan fakta.
-Memperingati Hari Sumpah Pemuda bagi generasi bangsa Indonesia dapat kita ketahui melalui dua segi yaitu baik dari segi positif maupun dari segi negatif.
2.       Patos     : perasaan belas kasihan, berkaitan dengan bagaimana komunikator membangkitkan semangat pendengar dan menggerakkan emosi-emosi mereka.

a)      Non Fisiknya
-Pengaruh Sumpah Pemuda  di dalam generasi muda ialah sebagai motivator terhadap pemuda-pemudi  agar terus berkembang dan maju sehingga akan melahirkan kembali kebangkitan dan keberhasilan pembangunan nasional menuju Indonesia baru yang maju, mandiri, demokrasi dan berkeadilan.
- Pada umumnya Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda  untuk memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu.
b)     Emosional
- Adapun tujuan Sumpah Pemuda adalah mempererat tali persatuan antara segenap pemuda Indonesia yang berbahasa, berbangsa, dan bertanah air satu, Indonesia. Sejalan dengan itu, Saya mengajak melalui momentum peringatan sumpah pemuda ini kita jadikan sebagai pemicu semangat kita bersama untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa meningkatkan partisipasi dan dukungan terhadap pembangunan yang berpihak pada kepentingan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.
- Sebagai remaja harapan bangsa, seharusnya kita menanamkan makna Hari Sumpah Pemuda di hati kita masing-masing. Tunjukkan pada mereka bahwa bahasa Indonesia memang patut dibanggakan dan dihargai oleh seluruh penduduk Indonesia.

3.       Etos       :  membangun kredibilitas pengajar–kredensi atau hal-hal yang membuatnya                                 bisa dipercaya.
-Pidato yang disampaikan digambarkan sebagai ajakan kepada generasi muda agar lebih menghargai, berpartisipasi dan menjunjung tinggi Hari Sumpah Pemuda sebagai peranan dalam memajukan Indonesia ini, dalam hal positifnya juga berdampak pada diri kita sendiri dan selaku penerus bangsa marilah sama-sama membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi, karena dengan demikian  kitapun akan ikut berlari menyongsong masa depan gemilang dan cemerlang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar